Agribusiness and Socioeconomic Journal http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal <p><strong>Agribusiness and Socioeconomic Journal (ASE Journal)</strong> menerbitkan artikel-artikel di bidang Agribisnis, Sosial, dan Ekonomi Pertanian. ASE Journal diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Islam Makassar dan merupakan jurnal ilmiah berskala agribisnis dan sosial ekonomi pertanian. Jurnal ini merupakan media penyebarluasan informasi yang merupakan hasil pemikiran dan penelitian para dosen, peneliti, mahasiswa dan praktisi yang berkepentingan dengan pengembangan agribisnis dan sosial ekonomi pertanian. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun (<strong>Edisi Desember dan Juni</strong>)</p> en-US <p><strong>Agribusiness and Socioeconomic Journal (ASE Journal)</strong> menerbitkan artikel-artikel di bidang Agribisnis, Sosial, dan Ekonomi Pertanian. ASE Journal diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UIM. Redaksi dapat merevisi artikel tanpa mengubah substansi dan isi setelah melalui proses blind review. Artikel yang dikirim oleh penulis harus naskah asli dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan oleh jurnal atau penerbit lain.</p> prodi_agribisnis@uim-makassar.ac.id (Agribisnis UIM) andisusilawatyhardiani.dty@uim-makassar.ac.id (Andi Susilawaty) Sat, 26 Apr 2025 02:55:42 +0000 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EMPOWERMENT OF GAPOKTAN IN INCREASING THE INCOME OF RICE FARMERS IN DESAKABUP WORO, MADAPANGGA ATEN BIMA DISTRICT Pemberdayaan Gapoktan Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Padi Di Desakabup Woro Kecamatan Madapangga Aten Bima http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/44 <p>Pemberdayaan petani merupakan upaya yang di lakukan oleh gapoktan dalam peningkatan pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis peran gapoktan dalam pemberdayaan petani padi, menganalisis pendapatan petani padi setelah pemberdayaan dan menganalisis pemberdayaan gapoktan dalam peningkatan pendapatan petani padi di Desa Woro Kecamatan Madapangga Kebupaten Bima. Metode yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kounsioner dengan jumlah responden 30 orang di ambil dari jumlah keseluruhan populasi sebanyak 30 kelompok tani. Analisis yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan menggunakan skala likers dan analisis pendapatan.</p> <p>Hasil penelitian ini adalah&nbsp; upaya yang dilakukan oleh gapoktan dalam peningkatan pendapatan&nbsp; [1] peran gapoktan (a) unit usaha produksi skor rata-rata (2.23) dengan ketegori kurang berperan, (b) unit usaha pengeloan skor rata-rata (2.15) dengan ketegori kurang berperan&nbsp; (c) unit usaha sarana dan prasarana skor rata-rata (2.61) dengan ketegori berperan (d) unit pemasyaran skor rata-rata (2.37) dengan ketegori berperan&nbsp; [2] total pendapatan petani padi setelah pemberdayaan sebesar Rp 19.775.847 per musim. [3] pemberdayaan gapoktan dalam peningkatan pendapatan melalui&nbsp; (a) pelatihan, meningkatkan pengetahuan petani padi&nbsp; kurang berdaya (2.30) , untuk menambah skil petani padi kurang berdaya (2.30),&nbsp; dan&nbsp; penguatan SDM kelompok tani dengan ketegori kurang berdaya (2.20). (b) Pemberdayaan dalam Pendaping ( 2.33) dengan ketegori kurang berdaya.</p> Sulfiana Sulfiana, Firman firman, Dian Asri Unga Mega Copyright (c) 2023 Sulfiana, Firman, Dian Asri Unga Mega https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/44 Sun, 25 Jun 2023 00:00:00 +0000 Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Saus Sambal Cabai Katokkon (Studi Kasus Pada UKM Tanta Godek Kota Makasar) http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/45 <p>Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dengan menggunakan media sosial para pelaku bisnis dapat lebih efektif untuk melakukan berbagai keperluan termasuk melakukan komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas pemasaran saus sambal cabai katokkon melalui media sosial.</p> <p>Penelitian dilaksanakan di UKM Tanta Godek Kota Makassar memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produk olahan saus sambal cabai katokkon. Menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan 3 responden yang bekerja di UKM tersebut dan pemilik usaha. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan skala likert.</p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran melalui media sosial mencapai 85% ini membuktikan bahwa media sosial menjadi salah satu hal umum dan digunakan oleh banyak orang. Pemilik usaha juga merasakan adanya perbedaan yaitu dari segi tidak banyak membutuhkan banyak biaya dalam mempromosikan produk dan hanya membutuhkan waktu singkat dalam bertransaksi dengan konsumen. Jadi media sosial jelas lebih efektif dalam berbagai informasi, juga mampu mengjangkau lebih banyak orang untuk berintraksi dalam memasarkan suatu produk. Salah satunya UKM Tanta Godek yang menyediakan saus sambal katokkon yang siap saji.</p> Maylani Paquita Sari, H. Amal Said, Sulfiana Sulfiana Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/45 Sun, 25 Jun 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kinerja Kelompoktani Jagung Hibrida Dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Petani (Studi Kasus Kelompoktani Jagung Hibrida di Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Arungkeke) http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/46 <p style="text-align: justify;">Jeneponto sebagai bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan yang hampir sebagian penduduknya berpenghasilan sebagai petani dan salah satu komoditi yang terus dikembangkan adalah Jagung Hibrida. Dilihat dari topografi wilayah, Kabupaten Jeneponto memiliki wilayah hampir sebagian dataran dengan kondisi alam yang cenderung kering. Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu dari 9 Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan sebagai daerah target pengembangan di Indonesia. Oleh sebab itu sebagai penulis menunjuk Jeneponto untuk dijadikan tempat penelitian yang berjudul analisis kinerja kelompoktani jagung hibrida dalam menunjang peningkatan produksi dan pendapatan petani studi kasus kelompoktani jagung hibrida di Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto dengan tujuan mengetahui tingkat kinerja kelompoktani yang aktif dan pasif ditiap indikator yang ditetapkan peneliti dalam meningkatkan pendapatan produksi usahatani jagung hibrida serta bahan masukan/informasi bagi pengurus kelompoktani dalam menilai kinerja yang telah dilakukan oleh anggotanya. Penelitian ini dilakukan di Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto dengan jumlah sampel kelompoktani berjumlah 10 dengan masing-masing anggota sebanyak 25 orang. Sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Pada penelitian ini, penulis menggunakan analisis kualitatif untuk mengecek kinerja petani antara kelompoktani aktif dan pasif serta analisis kuantitatif digunakan untuk menghitung perbedaan pendapatannya. Berdasarkan hasil penelitian kinerja dan pendapatan mengikuti kegiatan kelompok sebanyak 76 % lebih tinggi dibanding anggota yang pasif sebanyak 24%. Tingginya tingkat produksi yang diperoleh anggota yang aktif disebabkan karena mereka aktif melakukan kerjasama dalam kelompok maupun antar kelompok lainnya, aktif mencari informasi yang berkaitan dengan peningkatan produksi, aktif melakukan pertemuan mencari solusi dalam berusahatani dan aktif menerapkan teknologi sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh penyuluh pertanian.</p> Zelviyani Zelviyani Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/46 Sun, 25 Jun 2023 00:00:00 +0000 Strategi Pemasaran Usaha Roti Maros Di Kecamatan Tamalanrea (Studi Kasus pada Home Industri Roti Maros Bung Dorry) http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/47 <p style="text-align: justify;">Roti merupakan makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, seperti di daerah Makassar. Toko Roti Maros Bung Dorry memiliki omzet sebesar kurang lebih 100 juta perbulan, sehingga usaha tersebut tetap perlu melakukan pembenahan dan pengembangan agar mampu bersaing dengan pangsa pasar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi sistem pemasaran usaha roti Maros pada Toko Bung Dorry di Kecamatan Tamalanrea serta untuk memahami bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pengusaha roti Maros pada Toko Bung Dorry di Kecamatan Tamalanrea. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilaksanakan pada bulan Oktober-November, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pada Toko Roti Maros Bung Dorry adalah manajemen dan pemasaran, sedangkan faktor eksternalnya yaitu lingkungan makro (faktor demografi, faktor ekonomi, faktor alam, faktor teknologi, faktor politik dan budaya), lingkungan mikro (pemasok, pelanggan, pesaing dan masyarakat) dan lingkungan industri (ancaman pendatang baru, ancaman barang pengganti, kekuatan tawar menawar pemasok, kekuatan tawar menawar pembeli dan persaingan dari perusahaan sejenis dalam industri). Analisis matriks SWOT menghasilkan 15 alternatif strategi yang dapat digunakan sebagai upaya pengembangan usaha, seperti: mempertahankan harga dan meningkatkan produk, mempertahankan cita rasa khas dan berinovasi tanpa menghilangkan rasa khas, memanfaatkan <em>website</em> dan sosial media, meningkatkan jumlah produksi, menambah kerjasama dan mempertahankan hubungan baik dengan mitra pemasaran.</p> Dewi Maharani Rahman, Suardi Bakri, A. Susilawaty Hardiani Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/47 Sun, 25 Jun 2023 00:00:00 +0000 Dampak Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Terhadap Ketahanan Pangan Keluarga Di Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/48 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari . Kecamatan Mersam dijadikan lokasi penelitian dengan pertimbangan bahwa kecamatan ini merupakan salah satu daerah dengan tingkat kemiskinan yang cukup tinggi di Kabupaten Batang Hari . Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada keluarga penerima manfaat yang tergolong miskin pada tahun 2022. Keluarga Penerima manfaat (KPM) yang menjadi sampel penelitian ini merupakan KPM yang terdaftar sejak 2017 -2022 dan telah memperoleh BPNT secara kontinyu. Tujuan penelitian adalah Untuk menganalisis perbedaan ketahanan pangan pada keluarga penerima manfaat (KPM) dan bukan KPM Bantuan Pangan Non Tunai di Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari. Sampel yang digunakan yaitu 41 KK KPM dan 44 KK bukan KPM.&nbsp; Analisis Ketahanan Pangan Pada Rumah Tangga Penerima Dan Non Penerima BPNT menggunakan Analisis Angka Kecukupan Gizi (AKG), Analisis Pola Pangan Harapan dan Uji Beda Ketahanan Pangan Pada Rumah Tangga Penerima Dan Non Penerima BPNT. Hasil analisis menunjukkan Analisis perbedaan ketahanan pangan pada keluarga penerima manfaat (KPM) dan bukan KPM Bantuan Pangan Non Tunai di Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari dianalisis dengan pola konsumsi pangan rumah tangga, kelompok padi-padian dan umbi-umbian, kelompok pangan hewani dan pangan nabati, kelompok minyak dan lemak, gula, dan pangan lainnya, kecukupan konsumsi energi dan protein rumah tangga, angka kecukupan gizi (AKG), tingkat ketahanan pangan rumah tangga dan komparasi ketahanan pangan pada rumah tangga penerima dan non penerima BPNT. Rumah tangga non penerima BPNT termasuk dalam kategori tahan pangan, sedangkan rumah tangga penerima BPNT termasuk kategori rawan pangan.</p> Ling Ling Susanti, Suandi Suandi, Fuad Muchlis Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/48 Sun, 25 Jun 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Sembilan Bahan Pokok Di Pasar Terong Kota Makassar http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/50 <p>Kepuasan konsumen merupakan hal terpenting yang harus dicapai. Hal ini disebabkan apabila konsumen tidak puas maka tidak menutup kemungkinan konsumen tidak loyal, dengan adanya kondisi tersebut menuntut agar pihak pasar berusaha melakukan pengukuran kepuasan konsumennya untuk mengetahui secara detail variabel-variabel apa saja yang dapat mempengaruhi konsumen tidak merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku konsumen dan tingkat &nbsp;kepuasan konsumen terhadap sembilan bahan pokok.</p> <p>Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Terong terletak di jalan Terong, Kelurahan Wajo Baru, Kecamatan Bontoala Kota Makassar pada bulan November-Desember 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>accidental sampling</em>. Sampel &nbsp;yang diambil sebanyak 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah skala likert dan analisis <em>c</em><em>ustomer </em><em>s</em><em>atisfaction </em><em>i</em><em>ndex </em>(CSI).</p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat perbedaan tingkat kepuasan berdasarkan perilaku konsumen terhadap sembilan bahan pokok dihitung dari hasil skala likert menunjukan perilaku konsumen terhadap variabel aksebilitas sebanyak 83,5% (sangat puas), variabel jenis barang sebanyak 69,6% (puas), variabel harga sebanyak 62,2% (puas), variabel kemasan produk sembako sebanyak 71,04% (puas) dan variabel terhadap kebersihan sebanyak 63% (puas). Berdasarkan hasil CSI presentase tingkat kepuasan sebanyak 71,05% berada pada kategori “puas”. Terdapat perbedaan kepuasan konsumen sehingga para pedagang dan pihak pemerintah diharapkan lebih memperhatikan atribut-atribut yang diberikan kepada konsumen guna untuk memberikan nilai kepuasan tetinggi bagi konsumen.</p> Nuralya Muliani, Suardi Bakri, A. Susilawaty Hardiani Copyright (c) 2023 Nuralya Muliani, Suardi Bakri, A. Susilawaty Hardiani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/50 Sun, 25 Jun 2023 00:00:00 +0000