Strategi Pemasaran Usaha Roti Maros Di Kecamatan Tamalanrea (Studi Kasus pada Home Industri Roti Maros Bung Dorry)

Authors

  • Dewi Maharani Rahman Universitas Islam Makassar
  • Suardi Bakri Universitas Islam Makassar
  • A. Susilawaty Hardiani Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/asejournal.v1i01.47

Keywords:

Strategi Pemasaran, Roti Maros, SWOT

Abstract

Roti merupakan makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, seperti di daerah Makassar. Toko Roti Maros Bung Dorry memiliki omzet sebesar kurang lebih 100 juta perbulan, sehingga usaha tersebut tetap perlu melakukan pembenahan dan pengembangan agar mampu bersaing dengan pangsa pasar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi sistem pemasaran usaha roti Maros pada Toko Bung Dorry di Kecamatan Tamalanrea serta untuk memahami bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pengusaha roti Maros pada Toko Bung Dorry di Kecamatan Tamalanrea. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilaksanakan pada bulan Oktober-November, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pada Toko Roti Maros Bung Dorry adalah manajemen dan pemasaran, sedangkan faktor eksternalnya yaitu lingkungan makro (faktor demografi, faktor ekonomi, faktor alam, faktor teknologi, faktor politik dan budaya), lingkungan mikro (pemasok, pelanggan, pesaing dan masyarakat) dan lingkungan industri (ancaman pendatang baru, ancaman barang pengganti, kekuatan tawar menawar pemasok, kekuatan tawar menawar pembeli dan persaingan dari perusahaan sejenis dalam industri). Analisis matriks SWOT menghasilkan 15 alternatif strategi yang dapat digunakan sebagai upaya pengembangan usaha, seperti: mempertahankan harga dan meningkatkan produk, mempertahankan cita rasa khas dan berinovasi tanpa menghilangkan rasa khas, memanfaatkan website dan sosial media, meningkatkan jumlah produksi, menambah kerjasama dan mempertahankan hubungan baik dengan mitra pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyanto, Y. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Ranginang (Rengginang) Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 267-276.

Alyas & Rakib M. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis . Volume 19 No. 2 Juli 2022: 114-120.

AN, T. 2019. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Roti pada Bagas Bakery Kabupaten Kemdal (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Astuti, A. 2014. Analisis Margin Pemasaran Semangka di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Agro UPY, VI(1), 27–37.

Choiril, A., & Meinarini. (2012). Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar (Studi Kasus Toko Pojok Madura). System Informasi, 1-9.

Dinas Koperasi dan, U. P. S. S. 2018. Data Usaha Kecil dan Menengah Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Sulawesi Selatan.

Fahmi, M., & Akmal, B. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika Bergendaal Coffie di Kabupaten Bener Meria. Agrisep, 14 (1).

Jihad Akbar, M. & Fitriani Nur. 2022. Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8, 61-67. https://doi.org/10.30656/intech.v8i1.4596

Kasmir. 2018. Kewirausahaan. Depok: Rajawali Pers.

Nurmagfirah, & Mira. (2018). Strategi Pengembangan Usaha (Studi Kasus pada Diana Bakery Kota Bekasi Jawa Timur) (Skripsi). Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rangkuti, F. 2016. Teknik Membedah Kasus Analisis SWOT (Pagut Lubis, Ed.).Gramedia.

Riyansyah, F., dkk. 2018. Pemberdayaan Home Industry dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, No. 2 Vol. 3:87-109.

Santoso, A. (2021). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus di UKM Kambing Desa Cikarawang Kecamatan Darmaga Kabupaten Bogor Jawa Barat (Skripsi)). Agribisnis Institut Pertanian Bogor.

Setyorini hany, dkk. 2016. Dalam jurnal berjudul “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran Ws Soekarno Hatta Malang)”. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. Volume 5 Nomor 1: 46-53.

Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategis.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

26-04-2025 — Updated on 30-06-2023

Versions

How to Cite

Maharani Rahman, D. ., Bakri, S. ., & Hardiani, A. S. . (2023). Strategi Pemasaran Usaha Roti Maros Di Kecamatan Tamalanrea (Studi Kasus pada Home Industri Roti Maros Bung Dorry). Agribusiness and Socioeconomic Journal, 2(01), 92–105. https://doi.org/10.59638/asejournal.v1i01.47 (Original work published April 26, 2025)

Issue

Section

Articles