STRATEGI PEMASARAN ROTI DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus pada Home Industri Usaha Roti Sulawesi Kelurahan Maccini Parang)

Authors

  • Muh Reza Ridho Reza Ridho Reza

Abstract

Abstrak

Muh. Reza Ridho 19 012 014 011. Strategi Pemasaran Roti Di Kota Makassar (Studi Kasus pada Home Industri Usaha Roti Sulawesi Kelurahan Maccini Parang) di bawah bimbingan La Sumange dan Suardi Bakri.

 

Roti Sulawesi adalah perusahaan yang bergerak di industri bakery yang menjual berbagai macam varian roti seperti roti selai, roti tawar, roti hamburger dan sebagian, telah berevolusi lebih dari roti Sulawesi. Selain itu strategi yang diterapkan oleh kompetitor sangat baik agar kompetitor dapat menarik konsumen roti Sulawesi. Penelitian ini bertujuan untuk faktor internal dan faktor ekstenal yang mempengaruhi sistem pemasaran home industri usaha roti Sulawesi di kelurahan maccini parang serta untu memahami bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan home industri usaha roti Sulawesi di kelurahan maccini parang. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilaksanaan pada bulan januari-maret, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pada pabrik roti Sulawesi adalah manajemen dan pemasaran, sedangkan faktor eksternalnya yaitu lingkungan makro (faktor demografi, faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor teknologi, faktor politik dan aspek budaya), lingkungan mikro (pesaing dan masyarakat) dan lingkungan industri (tantangan dari pesaing baru, ancaman barang pengganti, kekuatan tawar menawar pemasok, dan kemampuan negosiasi pembeli). Analisis matriks SWOT menghasilkan 12 alternatif strategi yang dapat digunakan sebagai upaya pengembangan usaha, seperti: Mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan konsumen, menambah volume produksi guna memenuhi permintaan yang ada di pasar,

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Roti Sulawesi, SWOT

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-14

How to Cite

Reza Ridho, M. R. R. (2024). STRATEGI PEMASARAN ROTI DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus pada Home Industri Usaha Roti Sulawesi Kelurahan Maccini Parang). Agribusiness and Socioeconomic Journal, 2(2), 147–159. Retrieved from https://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/article/view/60

Issue

Section

Articles